Cerdiknya Nabi, Beroleh Informasi

Nabi Muhammad Shallallahu Alahi wa Sallam bukan sekedar ahli dalam taktik perang atau mengatur pasukan, namun beliau juga mahir dalam menggali informasi dengan halus dan tanpa disadari. Satu peristiwa yang menunjukkkan kecerdikan beliau adalah ketika Perang Badar.

Sebagai upaya untuk mendapatkan informasi tentang kekuatan musuh, Nabi Shallallahu Alahi wa Sallam mengutus 3 orang dari pasukan muslimin ke sumur Badar. Dia Ali bin Abi Thalib, Zubair bin ‘Awwam, dan Sa’ad bin Abi Waqash Radhiyallahu ‘anhum. Sesampainya di sumur, mereka melihat dua orang Quraisy mengisi tempat minum yang dibawanya sampai penuh dengan air. Lalu dinaikkannya tempat minum tadi ke punggung onta yang nantinya akan diberikan kepada pasukan Quraisy. Mengetahui hal tersebut, ketiga sahabat tadi menangkapnya untuk kemudian dibawa kepada Nabi Shallallahu Alahi wa Sallam.

Di hadapan Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam, keduanya ditanya oleh beliau,”Berapa jumlah pasukanmu?” Salah seorang dari keduanya menjawab,”Banyak.” Nabi bertanya lagi,”Berapa jumlah pastinya?” Dia menjawab,”Aku tidak tahu.” Lalu Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam bertanya tentang jumlah unta yang biasa disembelih oleh mereka tiap harinya. Dan mereka menjawab bahwa seharinya sembilan atau sepuluh unta yang disembelih.

Dari sini Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam mengetahui bahwa tiap satu unta biasanya untuk 100 orang. Jadi, jumlah keseluruhan mereka sekitar 900 sampai 1.000 pasukan.

Kejadian ini disamping menandakan kecerdasan Rasulullah Shallallahu Alahi wa Sallam, juga sebagai indikasi dari sekian banyak pertolongan Allah swt pada Perang Badar.

 

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat