... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dialog Nasional AQL: Partai Islam Masih Diperlukan

KIBLAT.NET, Jakarta – Bertepatan dengan momen lima tahun perjalanan dakwah Arrahman Qur’anic Learning (AQL) Islamic Center, pimpinan Ust Bachtiar Nasir, Lc, MM, Rabu kemarin, 11 Desember 2013, mengadakan Dialog Nasional bertema Bekerja & Bekerjasama untuk Islam dalam Memenangkan Kepemimpinan Nasional 2014.

Forum Dialog Nasional yang diselenggarakan di AQL Islamic Center, Jl. Tebet Utara I No.4 0, Jakarta Selatan tersebut dihadiri oleh para alim ulama dan tokoh nasional dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial budaya, antara lain Dr. Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, Prof Dr Fachry Ali, Sitaresmi S. Sukanto, Dr.Ir. H. Nur Mahmudi Ismail (walikota Depok), Bambang Widjojanto (KPK), Fuad Bawazier, Ust. Syuhada Bahri (DDII), Ust. Fadlan Garamatan, Ust. Muhammad Zaitun Rasmin, Ust. Adnin Armas, Ust. Asep Sobari, dan Ust. Fahmi Salim, Ust. Arifin Ilham dan lain-lain.

Ide acara tersebut, seperti disebutkan dalam Press Release, dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa umat, ormas, partai, serta lembaga dakwah Islam, harus bekerja dan bekerjasama dalam membangun perspektif politik kepemimpinan Islam guna memenangkan pertarungan meraih kepemimpinan umat di tahun 2014.

Pasalnya, masyarakat Islam sebagai warga mayoritas di Indonesia, saat ini membutuhkan sosok pemimpin bangsa yang mampu memahami hati nurani umat Islam. Yang menolak pemikiran sekuler dan liberal, yang telah menyebarkan “virus pragmatisme dan materialisme” di Tanah Air.

BACA JUGA  Dituding Berpaham Radikal, Seorang Mahasiswa IAIN Kendari Dikeluarkan

Melihat kondisi internal umat Islam sendiri, kini sudah saatnya harus berbenah. Umat Islam tidak boleh mengharapkan belas kasihan dari pihak lain. Harus muncul dari kalangan umat Islam sendiri, pemimpin yang berkualitas dengan figur penuh keteladanan.

Yakni pemimpin yang bekerja dengan penuh kesungguhan dan keseriusan. Pemimpin yang hatinya selalu bersama rakyat, dan lebih mencintai bangsanya daripada keluarganya, sehingga jauh dari perbuatan korupsi.

Lahirnya pemimpin ideal seperti ini, tentu tak akan terjadi, jika umat Islam, Ormas Islam, dan Partai-partai Islam, tidak bersatu dalam melakukan jalinan silaturahim pemikiran atau “silatufikri”. Silatufikri adalah semacam ukhuwah pemikiran, seperti yang pernah dicontohkan oleh tokoh-tokoh Islam di era Muhammad Natsir, yang memiliki forum silaturahim para ulama dan cendikiawan muslim pada masa itu.

Dari forum “Silatufikri” ini, diharapkan lahir pemimpin bangsa yang memiliki orientasi pembangunan umat dan bangsa dengan konsep “ketauhidan” yang jelas. Sehingga dapat membangun jiwa (rohani) dan badan (fisik) bangsa Indonesia, agar menjadi bangsa yang tangguh dan mandiri, serta selalu mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Dialog yang dimulai jam sembilan pagi tersebut terbatas sampai Zuhur saja, sehingga tidak semua tokoh yang diundang mendapatkan porsi untuk mengungkapkan idenya. Tetapi, Ustad Bakhtiar Nasir selaku pembaca acara tersebut mengungkapkan bahwa kehadiran para tokoh tersebut merupakan wujud silaturahmi awal yang baik. Dai yang menyebut dirinya ingin menjadi “tukang jahit” untuk menyatukan elemen umat, dalam acara tersebut, optimis dan akan menyambungnya dengan dialog-dialog lebih lanjut.

BACA JUGA  Di Medan Perang, Lembaga Kemanusiaan Tak Bisa Dituding Membantu Teroris

Beberapa kesimpulan dari dialog tersebut ialah, pertama, partai Islam masih diperlukan. Kedua, umat Islam memerlukan fikih partai. Ketiga, elemen umat harus bekerja sama untuk membangun peradaban umat.

Untuk mensosialisasikan hasil resolusi dari forum Dialog Nasional tersebut, AQL akan menggelar Tabligh Akbar bertema “Bekerjasama Untuk Islam” pada Ahad, 15 Desember 2013, di AQL Islamic Center, pada pkl. 08.00 s/d 11.30 WIB. [Agus Abdullah].

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Tabligh FIPS: Dari Kami untuk Muslim Suriah

Forum Indonesia Peduli Syam [FIPS] bekerjasama dengan Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia [JPRMI] mengundang kaum...

Kamis, 12/12/2013 08:20 0

Artikel

Pergeseran Pemikiran Para Tokoh Jihad Didalangi Rand Corporation

KIBLAT.NET – Berikut ini, Kiblat.net memuat wawancara Harian Ad-Dustur Mesir dengan Syaikh Dr. Hani’ As-Siba’i...

Kamis, 12/12/2013 05:31 0

Artikel

Syiah Zaidiyah Dahulu dan Kini, Masihkah Bagian Ahlu Sunnah?

KIBLAT.NET – Belakangan, ketika orang membahas kesesatan syiah. Syiah Zaidiyah selalu menjadi bagian yang tak...

Kamis, 12/12/2013 04:54 0

Opini

Penolakan Oman: Mendekat ke Iran atau Takut kepada Saudi?

KIBLAT.NET – Penolakan Kesultanan Oman untuk bergabung dengan persatuan negara-negara GCC menimbulkan banyak pertanyaan. Sehari...

Kamis, 12/12/2013 02:20 0

Wilayah Lain

Oman Ancam Mundur dari Kerjasama Negara-negara Teluk

KIBLAT.NET – Pemerintahan Oman, Sabtu lalu, 07 Desember 2013, secara resmi menyatakan sikap oposisinya terhadap...

Rabu, 11/12/2013 23:59 0

Afrika

Perancis Klaim Tewaskan 19 Gerilyawan Mali

KIBLAT.NET, Gao – Pasukan Prancis mengklaim telah menewaskan 19 pejuang selama operasi di wilayah utara...

Rabu, 11/12/2013 22:27 0

Palestina

Hamas: Kami Tidak Akan Pernah Serang Mesir

KIBLAT.NET, Gaza – Seorang pejabat tinggi keamanan Hamas  di Gaza pada Rabu (11/12) mengecam laporan...

Rabu, 11/12/2013 21:33 0

Asia

Hukuman Gantung Mollah Ditunda Sampai Kejelasan Hak Banding

KIBLAT.NET, Dhaka – Mahkamah Agung Bangladesh menunda hukuman gantung terhadap pemimpin oposisi Islam sampai hari...

Rabu, 11/12/2013 21:05 0

Afghanistan

Bom Syahid Taliban Tewaskan 10 Tentara Jerman

KIBLAT.NET, Kabul – Seorang pelaku bom syahid menyerang sebuah konvoi tentara Jerman di dekat bandara...

Rabu, 11/12/2013 20:35 0

Suriah

Tentara Rezim Bashar Assad Bunuh 2.900 Warganya dengan Pisau

KIBLAT.NET, Damaskus – Tentara rezim Presiden Bashar Assad di Suriah dituduh telah membunuh 2.900 orang...

Rabu, 11/12/2013 20:08 0

Close