Ustadz Anung Al-Hamat: Ali Hasan Al-Halabi Adalah Tokoh Murji’ah

KIBLAT.NET, Jakarta – Kedatangan tokoh Murjiah, Ali Hasan Al-Halabi untuk berdebat dengan para tokoh jihadis di dalam penjara di Indonesia menuai kontroversi. Menurut pengamat Murjiah, Ustadz Anung Al-Hamat, Lc., M.Pd.I, sosok Ali Hasan Al-Halabi adalah penganut paham murji’ah yang menyimpang dalam hal iman.

“Ia sudah distempel sebagai penganut murji’ah yang bid’ah dan bathil oleh Lajnah Daimah (Komisi Fatwa Saudi, red),” ujar Ustadz Anung saat ditemui Kiblanet di kediamannya di kawasan timur Jakarta, Selasa, 10 Desember 2013.

Kekeliruan yang paling fatal yang dilakukan oleh penganut Murji’ah seperti Ali Hasan Al-Halabi adalah menganggap iman seseorang itu sah meskipun dia sama sekali tidak beramal. Padahal, dalam Islam komponen keimanan itu terdiri dari hati, lisan dan amal.

Ustadz Anung pernah menulis sebuah buku yang menjelaskan tentang kesesatan paham murji’ah. Buku itu berjudul “Mewaspadai Penyimpangan Neo Murji’ah”, diterbitkan oleh Forum Studi Sekte-Sekte Islam tahun 2012. Di dalamnya juga terdapat penjelasan secara lengkap para tokoh murji’ah, termasuk Ali Hasan Al-Halabi.

“Para tokoh murji’ah ini juga dikenal sebagai orang-orang yang sering berdusta atas nama ulama seperti Ibn Katsir, Syaikh Muhammad Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin, dan lainnya,” ujarnya. [sdqfajar]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat