... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Taman Pemakaman Firdaus Memorial Park, Sesuai Syar’i dan Gratis Bagi Dhuafa

Foto: KH. Miftah Faridl saat menandatangani peresmian Taman Pemakaman Wakaf Muslim, Firdaus Memorial Park, Sabtu, 7 Desember 2013.

KIBLAT.NET, Bandung – Masalah pemakaman, rupanya sudah menjadi masalah yang begitu kompleks bagi seluruh lapisan masyarakat. Bagi kaum dhuafa bahkan jauh lebih rumit. Sebab, mereka harus sanggup menyediakan dana mencapai jutaan rupiah agar dapat memakamkan sanak saudaranya dengan layak.

Hal tersebut diutarakan oleh Asep Irawan, Direktur Lembaga Wakaf Produktif dalam pernyataannya kepada wartawan, Sabtu, 7 Desember 2013 di lokasi Taman Pemakaman Firdaus Memorial Park, Cikalongwetan, Bandung Barat.

Menurut Asep, selain tingginya biaya pemakaman. Ada beberapa faktor lain yang jadi permasalahan permakaman di Indonesia.

“Ketersediaan lahan pemakaman yang semakin sempit, suasana pemakaman yang memunculkan kesan angker, hingga penanganannya yang tidak sesuai syariat. Padahal bagi kaum muslimin mengurus jenazah dan menyediakan lahan pemakaman hukumnya adalah fardhu kifayah. Wajib bagi orang-orang muslim di sekitar tempat tinggalnya,” ujar Asep.

Kemudian, muncullah sebuah gagasan realistis untuk mewujudkan solusi atas problematika pemakaman muslim. Umat Islam harus mewujudkan sebuah aset publik yang bersumber dari dana wakaf dan bersifat nonprofit oriented.

Menurut rilis WakafPro 99 yang diterima Kiblat.net, ada 4 keunggulan Taman Wakaf Pemakaman Muslim “Firdaus Memorial Park”.

Pertama, Firdaus Memorial Parka menghilangkan diskriminasi terhadap kaum miskin dan dhuafa. Mulai dari prosesi memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkan secara gratis tanpa ada pungutan dalam bentuk apapun.

Kedua, Firdaus Memorial Park memberikan kenyamanan dan ketenangan, jauh dari kesan angker dan kumuh. Fasilitasnya pun dilengkapi dengan masjid, pesantren dan kawasan hijau yang dikelola dengan prinsip pemberdayaan masyarakat, seperti sawah produktif, peternakan dan perkebunan.

BACA JUGA  Takmir Masjid Beberkan Alasan UGM Tolak Ustadz Abdul Somad

Ketiga, Firdaus Memorial Park mengadaptasi konsep ramah lingkungan. Kompleks pemakaman harus diupayakan steril dari bangunan atau tembok yang akan menghalangi penyerapan air.

Keempat, Firdaus Memorial Park adalah kompleks pemakaman yang mengedepankan nilai-nilai syar’i yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Antara lain, tidak mendirikan bangunan dan mencegah peziarah untuk melaksanakan amalan yang tidak sesuai di atasnya. [sdqfajar]

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pejuang Tembak Jatuh 2 Pesawat Pengintai di Damaskus dan Aleppo

KIBLAT.NET, Damaskus – Mujahidin Suriah baru-baru ini mengumumkan berhasil menembak jatuh dua pesawat mata-mata tanpa...

Senin, 09/12/2013 11:07 0

Wilayah Lain

Menlu Irak Khawatir Imarah Islam Berdiri di Suriah

KIBLAT.NET, Manama – Menteri Luar Negeri Irak, Hoshiyar Zebari, Ahad (8/12) menyatakan kekhawatirannya tentang pembentukan...

Senin, 09/12/2013 09:07 0

Yaman

Dua Pejabat Keamanan Senior Yaman Tewas dalam Dua Serangan Berbeda

KIBLAT.NET, Sanaa – Serangan mematikan kembali menewaskan dua pejabat keamanan senior di kepolisian Yaman. Diberitakan...

Senin, 09/12/2013 08:11 0

Suriah

Lagi, Komandan Senior Syiah Hizbullah Tewas di Suriah

KIBLAT.NET – Ali Husein Bazzi, komandan militer senior Syiah Hizbullah hari ini, Ahad, 8 Desember...

Ahad, 08/12/2013 23:59 0

Palestina

Masjid di Palestina Dicoreti Grafiti Anti Islam

KIBLAT.NET, Al-Quds – Sebuah masjid di desa Arab Israel utara Baqa al-Gharbiya dirusak dengan grafiti...

Ahad, 08/12/2013 23:57 0

Suriah

Operasi Gabungan JN, ISIS, dan JI Sergap Markas Besar Hizbullah di Damaskus

KIBLAT.NET – Mujahidin Jabhah Islamiyah (JI), Jabhah Nusrah (JN), dan Daulah Islam Irak dan Syam...

Ahad, 08/12/2013 23:51 0

Mesir

Mesir Buka Kembali Perlintasan Rafah Selama 3 Hari

KIBLAT.NET, Rafah – Mesir membuka kembali perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza selama tiga hari pada...

Ahad, 08/12/2013 23:51 0

Suriah

Tentara Rezim Assad Bunuh 5 Anak-Anak

KIBLAT.NET, Damaskus – Pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad menewaskan sedikitnya lima anak-anak...

Ahad, 08/12/2013 23:42 0

Afrika

Bom Mobil Tewaskan 1 Orang di Benghazi

KIBLAT.NET, Benghazi – Satu orang tewas dan lima orang lainnya terluka di kota timur Libya,...

Ahad, 08/12/2013 23:22 0

Afghanistan

Menhan AS: Pakta Keamanan Akan Ditandatangani pada Waktu yang Tepat

KIBLAT.NET, Kabul – Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan menteri pertahanan Afghanistan telah meyakinkan dirinya...

Ahad, 08/12/2013 23:13 0

Close