... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Membaca Strategi Bashar Assad Melemahkan Oposisi

KIBLAT.NET – Selasa, 3 Desember 2013, Bashar Asad meminta kepada sekutu-sekutunya di Yordania untuk tidak khawatir terhadap pemerintahan Suriah. Alasannya, Bashar Asad memiliki kombatan yang luas, bahkan di tubuh oposisi, yang bekerja untuk keuntungan Bashar.
“Saya menghargai perasaan Anda. Tetapi jangan khawatir, saya memiliki sekutu dan kombatan yang bekerja untuk saya, bahkan di dalam sayap oposisi,” ungkap Bashar Asad.

Ungkapan Assad tersebut merupakan jawaban atas pernyataan salah seorang delegasi politik dan serikat buruh dari Yordania yang mengkhawatirkan “konspirasi terhadap Suriah”, dalam pertemuan selama lebih dari satu jam di Damaskus.

Pemimpin Suriah yang berkuasa sejak tahun 2000 tersebut  juga mengungkapkan keberadaan kombatan yang menyusup di jajaran oposisi bersenjata, dan bahkan di tubuh oposisi di luar negeri.[1]

Mobil salah satu elemen mujahidin di Brigade 80, Aleppo, yang direbut kembali oleh rezim. [foto lebih lengkap http://www.liveleak.com/view?i=dd5_1384129896]

Mobil salah satu elemen mujahidin di Brigade 80, Aleppo, yang direbut kembali oleh rezim. [foto lebih lengkap http://www.liveleak.com/view?i=dd5_1384129896]

Apakah pernyataan Assad tersebut menjelaskan jatuhnya banyak kota dari tangan oposisi baru-baru ini di Ghauthah, pinggiran Damaskus, Aleppo dan daerah lainnya?[2]  Pertanyaan ini mungkin saja dibenarkan oleh fakta di lapangan. Artinya, kombatan yang disebut Bashar itu mungkin saja benar-benar ada di lapangan dan memiliki pengaruh.

Memang benar bahwa beberapa kota yang sebelumnya telah dikendalikan oleh oposisi, akhir-akhir ini jatuh ke tangan rezim. Contohnya ialah kota Safirah di Aleppo. Penyebabnya, seperti diungkapkan oleh Kolonel Abdul Jabbar dalam wawancaranya dengan Orientnews adalah tidak adanya dukungan dari beberapa katibah untuk bergabung melawan rezim. Selain konsentrasi besar yang dikerahkan oleh rezim untuk merebut kota ini.

BACA JUGA  PTUN Jabar Putus Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Tidak Sah

Tetapi, kata-kata Bashar tersebut bisa juga merupakan ungkapan politis yang bertujuan membenturkan  sesama oposisi atau mujahidin. Sebab wilayah yang saat ini masih dalam kendali mujahidin maupun FSA sangat luas, di setiap wilayah di Suriah. Hanya wilayah-wilayah pusat kota, yang masih dalam kendali rezim. Artinya, Bashar Asad sedang menghibur diri atau benar-benar tenang?

Strategi memecah-belah lawan adalah cara yang efektif dan tidak memerlukan banyak korban untuk mematahkan lawan. Apalagi saat ini fakta di lapangan membenarkan adanya oknum pemimpin brigade atau individu yang tidak jelas arah perjuangannya. Bahkan, Kolonel Abdul Jabar menyebutkan ada komandan brigade yang tidak menginginkan jatuhnya Bashar Asad. Selain FSA atas nama Dewan Militer, Daulah Islam Irak dan Syam [ISIS] yang beberapa waktu lalu memerangi sebagian kelompok FSA juga membenarkan hal ini.[3]

Wilayah Qalamun

Wilayah Qalamun

Bila tidak diwaspadai, sesama pejuang yang tujuan semula ialah melawan Bashar Asad bisa saling curiga di antara mereka. Artinya, beberapa perselisihan selama ini bisa lebih luas. Semoga ini tidak terjadi.

Saat ini pihak oposisi—atau apa pun istilahnya—memerlukan persatuan dan dukungan dari banyak elemen untuk menjatuhkan rezim. Apalagi di wilayah-wilayah strategis yang sangat ingin dikuasai oleh rezim. Berikut beberapa contohnya:

  1. Peperangan di Qushair, awal Juni 2013 lalu, kekuatan rezim mampu memukul mundur gabungan mujahidin di sana karena kehabisan senjata. Qushair adalah wilayah yang sangat stragetis. Dari sinilah tentara Hizbullah Lebanon masuk ke Suriah.
  2. Pada waktu yang sama, gabungan mujahidin di wilayah Lattakia berhasil mempertahankan wilayah pegunungan yang memotong jalur logistik dan amunisi rezim ke pesisir Latakia. Bila wilayah ini lepas, wilayah di balik pegunungan Latakia sampai ke pinggiran Idlib bisa terancam.
  3. Sejak akhir Oktober 2013 hingga sekarang, rezim dibantu oleh kekuatan Hizbullah Lebanon berambisi kuat untuk merebut kota Qalamun. Qalamun adalah kawasan yang mencakup serangkaian pegunungan Barat di Suriah, yang terletak di Barat Laut Damascus (Damascus Countryside North West). Ia juga menghubungkan Suriah ke Lebanon dan dianggap sangat strategis untuk mengawasi wilayah di sekitarnya.[4]  Liwaul Islam memiliki basis kekuatan di wilayah ini untuk membendung kekuatan rezim, selain ISIS dan lainnya.
Milisi Syiah Irak di Nabek, di bawah bendera Brigade Dzul Fiqqar. Foto diupload oleh anggota Brigade di media sosial.

Milisi Syiah Irak di Nabek, di bawah bendera Brigade Dzul Fiqqar. Foto diupload oleh anggota Brigade di media sosial.

Hari ini, salah satu halaman media yang menamakan diri Kalamon Revolution di Nabek—bagian dari kota Qalamun—menggambarkan bahwa Nabek sedang menghadapi serangan sengit dari pasukan Bashar. Hujan mortas telah menyebabkan kematian syahid—insya Allah— lebih dari 81 orang. Ia menyeru agar kaum muslimin bersatu menyelamatkan Nabek.

BACA JUGA  Omnibus Law: Pesta Oligarki di Tengah Pandemi

Kondisi kota Nabek hari ini. [Foto: Kalamun Revolution].

Kondisi kota Nabek hari ini. [Foto: Kalamun Revolution].

Dalam situasi-situasi seperti itu, persatuan elemen mujahidin tentu sangat dibutuhkan. Beberapa perbedaan pandangan perlu “dilupakan” sejenak, guna menghadapi musuh. Jatuhnya beberapa kota baru-baru ini membuktikan bahwa rezim Bashar yang didukung Hizbullah Lebanon, Irak dan Iran tidak cukup untuk dihadapi oleh satu bagian saja dari seluruh elemen revolusi Suriah. [Agus Abdullah/kiblat.net]

—————————————–

[1]  http://www.badrpress.com/badr/feeds.php?lang=ar&page_name=arabic&id=18889
[2]  http://www.dawaalhaq.com/?p=8578
[3]  http://www.arrahmah.com/jihad/pernyataan-resmi-isis-brigade-ashifatu-syimal-fsa-agen-dinas-intelijen-amerika-jerman.html
[4]  http://shamtimes.net/archives/5008#.Up_zDCdbTXQ

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Media Jerman: Belkovsky Bongkar Rahasia Kelam Vladimir Putin

KIBLAT.NET, Berlin – Sebuah buku dalam bahasa Jerman yang ditulis seorang ilmuwan politik Rusia Stanislav...

Kamis, 05/12/2013 12:56 0

Info Event

Hadirilah Talkshow ALiM: Pandangan Islam Soal Seks (PISS)

KIBLAT.NET – Dalam rangka memberikan pencerahan kepada generasi muda Islam tentang bagaimana pergaulan yang sesuai...

Kamis, 05/12/2013 11:49 0

Yaman

Pemuda Suku Terlibat Pertempuran dengan Militer Yaman, 10 Tewas

KIBLAT.NET, Shabwa – Bentrokan bersenjata antara pemuda Suku dan pasukan bersenjata Yaman meletus di provinsi...

Kamis, 05/12/2013 11:05 0

Suriah

Serangan Pejuang Tewaskan 20 Pasukan Rezim di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Pejuang Suriah berhasil menewaskan sedikitnya 20 pasukan dan milisi loyalis rezim Bashar...

Kamis, 05/12/2013 09:25 0

Suriah

FSA Bantah Siap Bergabung dengan Tentara Asad Perangi ISIS

KIBALT.NET, Istanbul – Koordinator Politik dan Media Pasukan Pembebasan Suriah (FSA), Luay Al Miqdad, membantah...

Kamis, 05/12/2013 08:30 0

Amerika

AS Dalami Kelompok-kelompok Pejuang Islam di Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat berusaha mempelajari lebih dalam kelompok-kelompok Islam bersenjata di Suriah dan...

Kamis, 05/12/2013 07:29 0

Indonesia

Jelang Lengser, SBY Minta Masalah Pengungsi Syiah Diselesaikan

KIBLAT.NET – Sampang – Kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama sejumlah menteri ke...

Kamis, 05/12/2013 05:24 0

Suara Pembaca

Forum Silaturahmi Al-Amin Jogjakarta Keberatan Disebut Syiah

Assalamualaikum, wr. wb. Menanggapi tulisan di website antum dengan link berikut: MUI Bongkar Poros Penyebaran...

Rabu, 04/12/2013 23:57 0

Indonesia

Ribuan Warga Aceh Peringati Deklarasi GAM

KIBLAT.NET, Aceh – Ribuan masyarakat Aceh dari berbagai daerah memperingati hari deklarasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM),...

Rabu, 04/12/2013 23:44 0

Indonesia

Sidang Pembatalan Pernikahan Artis Sinetron dengan Muallaf Gadungan Digelar

KIBLAT.NET, Depok – Pengadilan Negeri Depok hari ini, Rabu (4/12) menggelar sidang kasus pembatalan pernikahan...

Rabu, 04/12/2013 23:34 0

Close
CLOSE
CLOSE