... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penolakan Pembangunan RS Siloam Terus Berlanjut, Kali ini Giliran Mahasiswa

KIBLAT.NET, Padang – Sikap tidak acuh DPRD Kota Padang terhadap aspirasi umat Islam yang menolak rencana pembangunan RS Siloam dan Lippo Superblock, memancing demo berkepanjangan di Kota Padang. Setelah ribuan umat Islam yang bergabung bersama MUI, Ormas Islam dan sejumlah organisasi kemahasiswaan menggelar unjuk rasa ke Gedung DPRD Padang, Kamis (28/11), selanjutnya demo bertopik sama juga akan kembali digelar, Kamis (5/12). Kali ini massanya, lebih utama mahasiswa.

Rencana unjuk rasa tersebut disampaikan Habib Yudalfin, Koordinator Lapangan Ormas Islam Penolak  RS Siloam dan Lippo Superblck bersama Ahmad Mahbubi, Koordinator Forum Mahasiswa Tolak Siloam dan Lippo Superblock, Senin (2/12) di Padang sebagaimana dilansir harian Padang, Halauan, dalam situs onlinenya harianhalauan.com, Selasa (3/12).

“Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tolak Siloam, rencananya akan menggelar demo di Bandara Internasional Minangkabau, untuk mencegat keberangkatan Walikota Padang dan anggota DPRD Padang yang kabarnya mau berangkat ke Malaysia,” ujarnya.

Para pendemo akan menuntut Walikota Padang mencabut izin investasi/pembangunan RS Siloam. Pasalnya, izin investasi tersebut melanggar Perda No 4 Tahun 2012, pasal 70 tentang pengembangan kawasan Jl. Khatib Sulaiman dan Jl. Sudirman yang diperuntukan untuk pengembangan perkantoran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Namun ternyata Walikota Padang Fauzi Bahar menerbitkan izin untuk pengembangan perdagangan dan jasa di Jl Khatib Sulaiman kepada Lippo Superblock yang terdiri dari RS Siloam, Lippo Mall, Hotel Aryaduta dan Sekolah Pelita Harapan.

BACA JUGA  Presiden Diminta Evaluasi Kinerja Kepala BPIP

Padahal MUI dan Ormas Islam telah tegas-tegas menyatakan bahwa di balik investasi itu terdapat misi misionaris yang dapat membahayakan akidah anak cucu umat Islam Minangkabau. Tapi Walikota Padang Fauzi Bahar dan  Ketua DPRD Padang Zulherman bergeming dan bahkan mati-matian mempertahankan investasi milik pengusaha James T Riady.

Mahasiswa juga akan menuntut DPRD Padang mencabut rekomendasi persetujuan atas pembangunan RS Siloam dan Lippo Superblock. Sedangkan rapat teknis pelaksanaan unjuk rasa akan digelar pada Selasa (3/12). Menurut Ahmad Mahbubi, pihaknya telah mengirim 300 undangan ke seluruh kampus yang ada di Sumatera Barat.

“Undangan diberikan ke BEM, UKM, dan organisasi mahasiswa lainnya agar berpartisipasi untuk ikut dalam demo tolak silam Kamis nanti. Demo ini tidak membawa nama kampus atau organisasi, melainkan mengatasnamakan mahasiswa. Saya sendiri mahasiswa IAIN Imam Bonjol, tapi pada demo nanti, saya mengataskan nama mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tolak Siloam. Demo ini menunjukkan, tidak hanya ormas islam yang menolak silam, namun juga mahasiswa. Artinya, semakin banyak yang menolak pembangunan Siloam,” tambahnya.

Mengenai kabar yang menyebutkan bahwa ada pihak-pihak tertentu yang melarang maha-siswa ikut demo tolak siloam, Ketua BEM KM Unand, Vicky Maldini membantah hal tersebut. Tidak ada yang mengintervensi pihaknya jika ikut barisan ribuan mahasiswa lainnya, dalam aksi demo tolak Siloam.

BACA JUGA  KH Luthfi Bashori: Gus Sholah Selalu Membela Islam

Hal yang sama juga diungkapkan Adnan Ketua BEM UNP. Pihaknya tidak menerima larangan untuk ikut demo karena demo adalah menyuarakan aspirasi.

Habib menginformasikan, setelah mahasiswa melakukan demo pada Kamis (5/12) nanti, akan ada demo atau unjuk rasa besar-besaran lagi di Kota Padang. Tuntutannya sama menuntut pencabutan izin pembangunan RS Siloam. Namun, ia belum menyebutkan kapan jadwal demo tersebut karena rapat teknisnya belum dilakukan.

Massa pengunjuk rasa berasal dari Kota Padang dan kota/kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Bahkan diperkirakan juga akan banyak umat Islam yang datang dari luar Sumbar, seperti dari Riau, Kepri, Jambi, Sumut, Jakarta dan lainnya. Menurut Habib, persoalan penolakan atas investasi RS Siloam tidak saja menjadi urusan Umat islam di Kota Padang, tapi juga Umat Islam Sumatera Barat, bahkan nasinonal dan dunia. “Bukan persoalan Padang saja. Tapi ini sudah menjadi isu internasional,” sebut Habib. [hunef]

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Militer Bunuh Pemuka Suku di Hadramaut, Yaman Timur Tegang

KIBLAT.NET, Hadramaut – Beberapa waktu terakhir ketegangan antara pemuda suku dan militer Yaman terjadi di...

Selasa, 03/12/2013 08:58 0

Lebanon

Lebanon Berlakukan Zona Militer Selama 6 Bulan di Tripoli

KIBLAT.NET, Tripoli – Pemerintah Lebanon, Senin (2/12), secara resmi memberlakukan zona militer selama enam bulan...

Selasa, 03/12/2013 08:02 0

Artikel

Iri Hati Kaum Siam, Pondok Jihad Dituduh Teroris (3/6)

Pondok Jihad, Benteng Muslim Patani yang Telah Roboh (Bag. 3) KIBLAT.NET – Rupanya, keberadaan Pondok...

Selasa, 03/12/2013 00:37 0

Wilayah Lain

Ratusan Ribu Demonstran Tuntut Presiden Ukraina Mundur

KIBLAT.NET, Kiev – Para pengunjuk rasa Ukraina melanjutkan demonstrasi anti pemerintah yang dipicu penolakan Presiden...

Senin, 02/12/2013 23:47 0

Palestina

Pemuda Palestina Bentrok Dengan Polisi Israel

KIBLAT.NET, Al-Quds – Pemuda Palestina bentrok pada Minggu malam (1/12) dengan tentara Israel yang menyerbu...

Senin, 02/12/2013 23:14 0

Asia

Hindari Aksi Demonstran, PM Thailand Diungsikan

KIBLAT.NET, Bangkok – PM Thailand Yingluck Shinawatra diungsikan ke tempat yang dirahasiakan untuk menghindari keberingasan...

Senin, 02/12/2013 22:21 0

Artikel

Demi Kelangsungan Pondok, Jawahir Rela Dinikah Paksa (2/6)

Pondok Jihad, Benteng Muslim Patani yang Telah Roboh (Bag. 2) KIBLAT.NET – “Bapak saya bernama...

Senin, 02/12/2013 22:00 0

Suriah

Pasukan Bashar Al Asad Gunakan Bom Beracun di Daraa

KIBLAT.NET, Daraa – Pasukan rezim Bashar Al Asad kembali dilaporkan menggunakan senjata terlarang dalam pertempuran...

Senin, 02/12/2013 21:45 0

Arab Saudi

Pangeran Talal: Iran Lebih Berbahaya Daripada Israel

KIBLAT.NET, Riyadh – Pendekatan positif Presiden Amerika Serikat, Barack Obama kepada Iran menyusul kesepakatan antara...

Senin, 02/12/2013 21:34 0

Artikel

Pondok Jihad, Benteng Muslim Patani yang Telah Roboh (1/6)

Pondok Jihad, Benteng Muslim Patani yang Telah Roboh (Bag.1) KIBLAT.NET – Dulu, sekolah itu bernama...

Senin, 02/12/2013 21:24 1

Close