Pelajar Hindu India Banyak Mengenyam Pendidikan di Madrasah Islam

KIBLAT.NET, Bengal – Sebuah laporan mengungkapkan sebanyak 15 % anak-anak mengenyam pendidikan madrasah Islam tradisional di India adalah penganut Hindu.

Setelah madrasah Islam diterima dengan menggabungkan kurikulum nasional India ke lembaga mereka, keberhasilan mereka  tidak hanya mengajarkan dalam tataran ilmu teologi Islam, tetapi juga ilmu-ilmu umum seperti Matematika, Bahasa Inggris, Biologi dan Fisika, mendapat reputasi yang baik di seluruh negara bagian Bengal barat.

Meskipun, ketika perubahan sudah dilakukan pada tahun 2007 untuk ‘ memodernisasi ‘ madrasah Islam di India, banyak Muslim memprotes ide tersebut. Namun, saat ini perubahan memungkinkan citra madrasah untuk berubah. Terutama setelah 9/11, madrasah dipandang dengan kecurigaan oleh Muslim dan non-Muslim, tetapi sekarang, karena lulusan dari madrasah banyak yang sukses menikmati karir yang mereka pilih, madrasah mulai dipandang sebagai sekolah normal.

Menurut Al Jazeera, 60 % dari 1.400 siswa  serta 11 dari 32 guru di Madrasah Tinggi Chatuspalli di desa Orgram di negara bagian Bengal Barat, India, merupakan beragama Hindu.

Faktanya madrasah adalah lembaga negara yang didanai terutama berlokasi di daerah pedesaan Benggala Barat, pendidikan yang bebas biaya, membuat mereka menjadi alternatif yang sempurna bagi keluarga miskin. Madrasah juga menyediakan seragam sekolah gratis dan makanan.

Presiden Dewan Pendidikan Madrasah Bengal Barat, Mohammad Fazle Rabbi, mengatakan kepada Al Jazeera,”Modernisasi madrasah awalnya ditujukan untuk mengekspos peningkatan jumlah anak-anak Muslim agar mendapatkan pendidikan modern dan memberdayakan masyarakat yang kurang maju. Tapi, madrasah kami sekarang telah membantu Muslim maupun non-Muslim.”

Skema ini juga telah membantu menciptakan pemahaman yang lebih baik dan kohesi antara komunitas Muslim dan Hindu.

Mengutip perkataan seorang mahasiswa Hindu di madrasah yang menyatakan, “Sebelum saya datang untuk belajar di madrasah ini, saya diberitahu bahwa Islam adalah agama yang militan dan Muslim tidak bisa menjadi teman Hindu. Saya juga mendengar bahwa umat Islam bias terhadap agama-agama lain.Tapi, sekarang setelah belajar di madrasah ini selama lima tahun, saya telah menemukan bahwa orang-orang memiliki banyak keyakinan yang salah tentang Islam dan Muslim,”. (qathrunnada)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat