Fadli Sadama Tertangkap Kembali di Malaysia

KIBLAT.NET, Jakarta – Fadli Sadama ditangkap kembali aparat kepolisian Indonesia dan Polis Diraja Malaysia (PDRM). Fadli merupakan narapidana dalam kasus terorisme yang sempat melarikan diri dari Lapas Tanjung Gusta pada kerusuhan pertengahan Juli lalu di Medan.

“Betul, beberapa hari lalu atas kerjasama Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM), kita berhasil menangkap kembali satu napi yang melarikan diri dari LP Tanjung Gusta, atas nama Fadli Sadama,” kata Kabagpenum Polri Kombes Agus Rianto di Gedung Divisi Humas, Jl Senjaya, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2013) seperti dilansir detikcom.

Penangkapan dilakukan akhir November lalu. Belum diketahui persis rincian penangkapan terhadap Fadli, termasuk bagaimana Fadli mampu menyeberang dari Medan ke negeri Jiran.

Fadli saat ini sudah diboyong ke Indonesia. Agus masih merahasiakan lokasi penahanan gembong perampokan CIMB Niaga Medan dan penyerangan Polsek Hamparan Perak ini.

“Saat ini sedang diperiksa, apakah yang bersangkutan terlibat dalam kerusuhan di Tanjung Gusta atau tidak,” kata Agus.

Namun, apakah Fadli nanti akan dikembalikan ke Tanjung Gusta, Agus menyerahkan hal itu kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM).

“Yang pasti akan dikembalikan ke lapas yang memadai, dan yang berkompeten adalah Kemenkum HAM,” terangnya.

Kerusuhan di LP Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara, pecah, Kamis (11/7). Kerusuhan melahirkan kebakaran besar di dalam LP. Tak kurang 200 napi, beberapa tahanan kasus terorisme, kabur.

BACA JUGA  KH Miftachul Akhyar Terpilih Menjadi Ketua Umum MUI 2020-2025

LP Tanjung Gusta mengalami kelebihan kapasitas disebabkan LP ini seharusnya hanya mampu menampung 1.054 orang, tapi faktanya dihuni 2.600 orang tahanan sehingga overloaded sebanyak 240 persen.(qathrunnada/detik)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat