... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penyair Salihara Sitok Srengenge Dinilai Lakukan Eksploitasi Seksual

Foto: Sitok Sunarto alias Sitok Srengenge (Foto:salihara.org)

KIBLAT.NET, Jakarta – Penyair Salihara Sitok Srengenge yang menghamili mahasiswi UI, mengatakan siap bertanggung jawab, sebagaimana disampaikan melalui istrinya, Farah Maulida. Namun hal itu, tidak mengurangi konsekuensi hukum yang harus diterima Sitok atas perbuatannya.

“Pemaafan dari istri dan keluarga, maupun janji SS untuk bertanggung jawab secara sosial tidak mengurangi pertanggungjawaban hukum atas tindak kejahatan yang dilakukan SS,” ujar Komisioner Komnas Perempuan, Arimbi Heroepoetri dalam rilis pesan singkat, Jakarta, Minggu (1/12/2013) malam seperti dilansir detikcom .

Menurut Arimbi, kasus Sitok yang aktif di Komunitas Salihara terjadi karena adanya relasi kuasa yang timpang antara Sitok Srengenge (48) dan korban, mahasiswi UI. Relasi kuasa yang timpang tersebut diakibatkan oleh Sitok Srengenge yang melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

“Penyalahgunaan kuasa untuk memperoleh layanan seksual adalah bentuk Eksploitasi Seksual,” tuturnya.

Arimbi mengatakan, eksploitasi seksual, berbeda dari pelecehan seksual. Eksploitasi seksual dan pelecehan seksual adalah 2 dari 15 jenis kekerasan seksual yang dialami perempuan Indonesia. Kelima belas jenis kekerasan seksual yang dialami oleh perempuan di Indonesia antara lain eksploitasi seksual, perkosaan dan pencabulan, percobaan perkosaan, pelecehan seksual, perdagangan manusia untuk tujuan seksual, penyiksaan seksual, perbudakan seksual, prostitusi paksa, pemaksaan kehamilan, pemaksaan aborsi, pemaksaan perkawinan, kontrol seksual termasuk pemaksaan busana dan kriminalisasi perempuan lewat aturan diskriminatif beralasan moralitas dan agama, penghukuman tidak manusiawi dan bernuansa seksual, praktik tradisi bernuansa seksual yang membahayakan atau mendiskriminasi perempuan, dan kontrasepsi/sterilisasi paksa.

BACA JUGA  Fachrul Razi Positif Covid-19, Akses Kemenag Diperketat

Dari data yang dihimpun Komnas Perempuan, sedikitnya 35 perempuan menjadi korban kekerasan seksual setiap harinya. Pada tahun 2012 saja, tercatat 4.336 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan. Empat jenis kekerasan yang paling banyak ditangani adalah perkosaan dan pencabulan (1620), percobaan perkosaan (8), pelecehan seksual (118), dan trafiking untuk tujuan seksual (403). Kekerasan seksual tersebut terjadi baik di lingkungan rumah, di tengah-tengah masyarakat maupun dilakukan oleh aparat negara.

Seperti yang diberikan, sastrawan dan penggiat teater di Komunitas Salihara, Sitok Sunarto alias Sitok Srengenge diadukan ke Polda Metro Jakarta lantaran menghamili salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Sitok dilaporkan ke pihak berwajib dengan nomor pengaduan TBL/4245/XI/2013/PMJ/Dit Reskrimum.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sitok Sunarto alias Sitok Srengenge (48), diadukan ke Polda Metro Jakarta lantaran menghamili salah satu mahasiswi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), berinisial RW (22).

Sitok merupakan salah satu kurator di Komunitas Salihara yang bermarkas di Jalan Salihara, Pasar Minggu. Selain Sitok, kurator di markas budayawan liberal itu di antaranya Goenawan Mohammad, Guntur Romli dan Ayu Utami. Komunitas Salihara mulai aktif sejak 8 Agustus 2008 lalu. Sebagian personelnya adalah mereka yang pernah terlibat dalam Komunitas Utan Kayu (JIL). (qathrunnada)


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Upacara Pemakaman Pemimpin Shahwat Dibom, 12 Tewas dan 25 Luka-luka

KIBLAT.NET, Diyala – Sedikitnya 12 orang tewas dan 25 lainnya luka-luka dalam sebuah ledakan bom...

Senin, 02/12/2013 11:14 0

Yaman

Pertempuran Antara Gerilyawan dan Polisi Meletus di Yaman Timur

KIBLAT.NET, Hadramaut – Pertempuran melutus antara tentara Yaman dan sejumlah gerilyawan di kota Siyun, Provinsi...

Senin, 02/12/2013 11:00 0

Yaman

Komisi Presiden: Syiah Houtsi Langgar Kesepakatan Gencatan Senjata

KIBLAT.NET, Sadaa – Komisi Presiden untuk menyelesaikan konflik antara pemberontak Syiah Houtsi dan Sunni Dammaj...

Senin, 02/12/2013 09:52 0

Yaman

Pejabat Yaman: 120 Warga Dammaj Terbunuh dalam Konflik di Utara Yaman

KIBLAT.NET, Sana – Laporan lokal Yaman Ahad kemaren (1/12) menyebutkan, sedikitnya 120 warga Dammaj, provinsi...

Senin, 02/12/2013 08:44 0

Palestina

Otoritas Palestina Tangkap 20 Warganya Berfaham Salafi Jihadi

KIBLAT.NET, Yerussalem – Seorang pejabat keamanan Palestina mengumumkan, Ahad (1/12), menangkap sedikitnya 20 aktivis Salafi...

Senin, 02/12/2013 07:37 0

Lebanon

Pendukung Assad dan Penentangnya Bentrok di Tripoli, 8 Tewas 60 Terluka

KIBLAT.NET, Tripoli – Bentrokan antara pendukung rezim Suriah Bashar Assad dengan penentangnya menewaskan delapan orang...

Ahad, 01/12/2013 23:48 0

Foto

Road for Peace Goes to Patani: Negeri Darusalam yang Terluka (3/3)

KIBLAT.NET – Road4Peace merupakan misi kemanusiaan yang digagas oleh beberapa elemen kemanusiaan di Asia Tenggara....

Ahad, 01/12/2013 23:17 0

Mesir

Mesir Minta Interpol Tangkap Pemimpin Jamaah Islamiyah

KIBLAT.NET, Kairo – Pemerintah Mesir melakukan kontak dengan Interpol untuk meminta menangkap pemimpin Jamaah Islamiyah...

Ahad, 01/12/2013 22:38 0

Palestina

Hamas: Israel Tengah Siapkan Serangan Ke Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Anggota senior Hamas, Musa Abu Marzuk mengingatkan bahwa Israel sedang mempersiapkan serangan...

Ahad, 01/12/2013 21:10 0

Suriah

120 Orang di Suriah Termasuk Anak-anak dan Wanita Terbunuh

KIBLAT.NET, Damaskus – Setidaknya 120 orang, termasuk 17 anak-anak dan 16 wanita, terbunuh dalam serangan...

Ahad, 01/12/2013 20:37 0

Close
CLOSE
CLOSE