... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Umat Islam Padang Bersatu Tolak Proyek Kristenisasi Lippo Group

Foto: Ribuan massa umat Islam tolak pembangunan Lippo Superblock

KIBLAT.NET, Padang – Ribuan elemen umat Islam se-kota Padang, Kamis kemaren (28/11), turun ke jalan memprotes proyek pembangunan Lippo Superblock di Jalan Khatib Sulaiman, Kelurahan Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Massa yang diperkirakan berjumlah Sembilan ribu lebih tersebut mendesak DPRD kota Padang untuk mencabut ijin proyek pembangunan yang dinilai mengancam akidah umat Islam Minangkabau tersebut.

Dari laporan yang diterima Kiblat.net Sabtu ini (30/11) dari seorang sumber yang ikut serta dalam aksi penolakan itu, ribuan massa umat Islam tersebut datang dari berbagai daerah di kota Padang dan sejumlah kabupaten di Sumatera Barat, seperti Bukittinggi, Solok, Agam, Padang Panjang, Payakumbuh, Pasaman dan Pariaman. Mereka mendesak DPRD Kota Padang dan Pemkot Padang mencabut izin investasi dan pembangunan Lippo Superblock, yang rencanya di dalamnya akan di bangun Mall, RS. Silloam dan sekolah Kristen dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tingi.

Selain dari Ormas Islam, aksi demonstrasi yang berlangsung damai tersebut juga diikuti oleh berbagai kalangan pelajar dari sejumlah universitas dan pondok pesantren di Sumatera Barat. Mereka mengibarkan bendera ormas dan organisasi masing-masing serta membawa berbagai spanduk yang bertuliskan menolak pembangunan proyek yang ditangani Lippo Group tersebut.

Aksi protes yang dikawal sekitar 1.500 aparat kepolisian tersebut dimulai dengan aksi long march dari pelataran masjid Nurul Iman menuju gedung DPRD kota Padang pada pukul Sembilan pagi. Massa dilepas dengan doa bersama, setelah tausyiah dari Buya Gusrizal Gazahar, MA dan sejumlah himbauan dari kapolresta Padang.

BACA JUGA  Riset: Bayi yang Diberi Susu Botol Telan Jutaan Mikroplastik Setiap Hari

“Tolak… Tolak Siloam,… Tolak Siloam sekarang juga.. cabut… cabut izinnya…. cabut izinnya sekarang juga…. kalau tidak di cabut. Kami yang cabut…..!!” teriak para pendemo dalam yel-yelnya di sepanjang jalan menuju DPRD kota Padang.

Dari laporan sumber kami, di antara ormas Islam dan persatuan pelajar yang ikut serta dalam aksi tersebut adalah MUI Sumbar, An Nadwah (An sharu Dakwah), Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU), Kesatuan Aksi Muslim Mahasiswa Indonesia (KAMMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM),  Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Pelajar Islam Indonesia (PII) , Front Pembela Islam (FPI) dan Laskar Pembela Islam (LPI), Majelis Mujahidin(MMI), Ikatan Keluarga Pasia Jakarta (IKPJ), Pon Pes Haji Miskin dan Pandai Sikek (PPIHM), serta berbagai perwakilan dari sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai Universitas di Sumatera Barat.

Peletakan batu pertama in¬vestasi Lippo Superblock di Jl Khatib Sulaiman dilaksanakan Jumat 10 Mei 2013 yang lalu. Itu ditandai dengan pemencetan sirine oleh Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Walikota Padang Fauzi Bahar, Menko Kesra Agung Laksono, Kepala BNPB Syamsul Maarif, Preskom Lippo Group James T Riyadi, Presiden Lippo Theo Sambuaga, mantan Guber¬nur Sumbar Azwar Anas dan Ketua Dewan Syuro Hilmi Aminuddin.

Beberapa hari setelah peleta¬kan batu pertama, langsung muncul penolakan dari berbagai Ormas islam atas investasi Lippo Group itu. Pemicunya, karena James T Riyadi  disinyalir memiliki agenda besar berupa misi misionaris dengan sasaran masyarakat Minangkabau. Hal itu didasari latar belakang James Riyadi sebagai pengusaha yang menjadi misionaris nomor satu di Indonesia. Dugaan itu juga didukung oleh banyak informasi di berbagai media, baik di internet dan banyak literature buku. Apalagi  di sejumlah daerah investasi yang sama juga ditolak karena persoalan yang sama.

BACA JUGA  Riset: Bayi yang Diberi Susu Botol Telan Jutaan Mikroplastik Setiap Hari

Penolakan dari Ormas Islam itu pun terus  membesar seperti bola salju. Sebagai dampaknya, hingga kini investasi senilai Rp1,2 triliun itu belum bergerak sama sekali. Semak pun telah tumbuh dan meninggi di lahan seluas lebih kurang 1,5 hektar tersebut. [hunef/ Ishak Azzam/dbs]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Ratusan Warga Turki Bertempur di Suriah Melawan Bashar Al Asad

KIBLAT.NET, Ankara – Pemerintah Turki mengumumkan sedikitya  500 warganya melintasi perbatasan Suriah untuk bergabung dengan...

Sabtu, 30/11/2013 11:43 0

Indonesia

Kurator Salihara Sitok Srengenge Dilaporkan Hamili Mahasiswi

KIBLAT.NET, Jakarta – Penyair Sitok Srengenge dilaporkan ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro...

Jum'at, 29/11/2013 21:49 0

Indonesia

Aturan Polwan Berjilbab Dianulir, Polri Dinilai Ditekan Kelompok Intoleran

KIBLAT.NET, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Sutarman pada 17 November 2013 lalu, mengeluarkan keputusan yang...

Jum'at, 29/11/2013 19:22 0

Indonesia

Masjid Teja Suar Akan Dibeli UMC, Tetap Difungsikan Jadi Pusat Syiar

KIBLAT.NET, Cirebon – Harapan umat Islam agar Masjid Teja Suar tetap bertahan bakal terwujud. Pasalnya,...

Jum'at, 29/11/2013 18:48 0

Indonesia

Konjen AS Datangi Pemprov Jatim Terkait Penanganan Pengungsi Syiah

KIBLAT.NET, Surabaya – Konflik Syiah dengan Sunni di Sampang yang berkepanjangan ternyata menarik perhatian serius...

Jum'at, 29/11/2013 18:05 0

Indonesia

1000 VCD Dakwah Ustadz Abu Bakar Baasyir Akhirnya Dibagikan Hari Ini

KIBLAT.NET, Semarang  –  Setelah tertunda satu pekan, pembagian 1000 VCD Dakwah Ustadz Abu Bakar Baasyir...

Jum'at, 29/11/2013 17:25 0

Info Event

Hadirilah Kajian “Fitnah Media terhadap Islam!!

KIBLAT.NET – Temu Pembaca Suara Islam dan Majelis Taqarub Ilallah (TPSI-MTI) adalah sebuah forum kajian...

Jum'at, 29/11/2013 14:24 0

Suara Pembaca

Pendidikan Islam Hadiah Hari Guru

KIBLAT.NET – Hari Guru Nasional merupakan hari penghargaan terhadap guru di Indonesia yang diperingati pada...

Jum'at, 29/11/2013 14:05 0

Indonesia

FS-LDK Bekerjasama dengan ACT Galang Solidaritas Kemanusiaan Suriah

KIBLAT.NET, Bogor – Krisis  kemanusiaan di Suriah memburuk. Simpati dan solidaritas berbagai kalangan pun mengemuka....

Jum'at, 29/11/2013 13:48 0

Close