... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Demonstran Anti Pemerintah Serbu Markas Militer dan Duduki Kantor Telekomunikasi

Foto: Para demonstran antipemerintah merangsek ke gerbang markas besar angkatan darat Thailand di Bangkok, Jumat.

KIBLAT.NET, Bangkok – Polisi Thailand memperketat keamanan di Bangkok, Sabtu (30/11) sementara aksi unjuk rasa pindah ke perkantoran telekomunikasi milik negara dalam upaya terbaru untuk menggulingkan pemerintahan, lapor Reuters.

Polisi ibukota mengatakan para pengunjuk rasa berencana mengepung markas besar kepolisian nasional dan kantor kepolisian ibukota, gedung pemerintah, dan bahkan kebun binatang.

Lebih dari 1.000 demonstran sempat menyerbu markas besar angkatan darat hari Jumat dalam upaya meyakinkan militer agar bergabung dengan upaya mereka menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Mereka meninggalkan kompleks itu secara damai setelah sekitar dua jam.

Angkatan darat sebelumnya memindahkan pusat komando utama ke kamp militer di pinggiran kota. Namun, invasi ke markas tersebut sangat simbolis. Para pengunjuk rasa menuntut angkatan darat untuk memutuskan berada di pihak mana.

Juru bicara angkatan darat Thailand, Kolonel Sansern Kaewkamnerd mengatakan para demonstran berkumpul di kompleks markas besar itu dan belum memasuki satu pun fasilitas gedung.

“Dari [informasi] yang saya kumpulkan, mereka ingin menyerahkan surat kepada kepala staf angkatan darat,” ujarnya, seperti dikutipdari Wall Street Journal. Menurutnya, kini sekretaris angkatan darat tengah menemui para pengunjuk rasa.

Panglima Angkatan Darat Jenderal Prayuth Chan-ocha kemudian mendesak para demonstran agar tidak memaksa militer berpihak .

Para pemimpin oposisi mengatakan hari Minggu akan menjadi “hari kemenangan” dan menghimbau para pendukungnya untuk menduduki kantor perdana menteri. Mereka bertekad akan mengambil alih semua kementerian hingga Perdana Menteri Yingluck mengundurkan diri.

Yingluck Shinawatra selamat dari mosi tidak percaya dalam parlemen hari Kamis. Perdana Menteri itu menolak meletakkan jabatan dan menyerukan dialog guna menyelesaikan keadaan. Ia bertekad tidak menggunakan kekerasan untuk menghentikan aksi-aksi protes.

Gara-gara UU Amnesti

Di tempat lainnya, sekelompok demonstran berjalan menuju markas besar partai berkuasa, Pheu Thai. Sementara itu, kelompok lainnya berkerumun di luar pusat perbelanjaan besar untuk bersiap melakukan iring-iringan menuju Kedutaan Besar Amerika Serikat. Di tempat itu, legislator dari kubu oposisi, Korn Chatikavanji bermaksud menyampaikan surat terbuka berisi dugaan pelanggaran pemerintahan Yingluck.

Banyak warga Thailand merasa berang atas rencana pemerintah pada awal bulan untuk memperkenalkan undang-undang amnesti yang akan memungkinkan mantan pemimpin Thailand, Thaksin Shinawatra, untuk kembali ke negara tersebut sebagai orang bebas.

 

Thaksin hingga saat ini masih menjadi tokoh yang memicu perpecahan. Sementara masih banyak warga Thailand memberikan dukungan terhadap Thaksin berkat kebijakan-kebijakannya yang populis, golongan militer istana dan kelompok birokrat kerap prihatin bahwa pengaruhnya mengikis sistem check and balance yang demokratis di negeri tersebut.

Setelah terjadi sejumlah demonstrasi pada awal November, pemerintahan Yingluck menarik rencana amnesti. Namun, sepanjang pekan lalu, para demonstran kembali turun ke jalan guna memaksa Yingluck turun dari kursi kekuasaannya dan menangkal klan Shinawatra untuk terjun dalam kekuasaan politik.

Dengan dipimpin oleh anggota legislatif dari kubu oposisi, Suthep Thaugsuban, para pengunjuk rasa mulai berangkat ke dan mengitari sejumlah kantor kementerian. [sdqfajar]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

1.000 Muslim Rohingya Berunjuk Rasa di Malaysia

KIBLAT.NET, Kuala Lumpur – Sekira 1.000 muslim Rohingya melakukan demonstrasi di Kuala Lumpur, Malaysia pada...

Sabtu, 30/11/2013 22:53 0

Indonesia

Sebuah Benda Diduga Bom Ditemukan di Depan Polda Metro Jaya

KIBLAT.NET, Jakarta – Benda mencurigakan yang diduga sebagai bahan peledak ditemukan di Jalan Jenderal Sudirman,...

Sabtu, 30/11/2013 22:44 0

Indonesia

Sitok Srengenge Sempat Tawarkan Miras Sebelum “Kerjai” Korban

KIBLAT.NET, Jakarta – Mahasiswi sebuah universitas negeri berinisial RW (22), melaporkan sastrawan sekaligus kurator Komunitas...

Sabtu, 30/11/2013 21:08 0

Indonesia

UI Merasa Dirugikan Oleh Perbuatan Sitok Srengenge

KIBLAT.NET, Jakarta – Universitas Indonesia (UI) merasa dirugikan oleh perbuatan sastrawan dan pegiat teater di...

Sabtu, 30/11/2013 20:03 0

Turki

Ratusan Warga Turki Bertempur di Suriah Melawan Bashar Al Asad

KIBLAT.NET, Ankara – Pemerintah Turki mengumumkan sedikitya  500 warganya melintasi perbatasan Suriah untuk bergabung dengan...

Sabtu, 30/11/2013 11:43 0

Indonesia

Kurator Salihara Sitok Srengenge Dilaporkan Hamili Mahasiswi

KIBLAT.NET, Jakarta – Penyair Sitok Srengenge dilaporkan ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro...

Jum'at, 29/11/2013 21:49 0

Indonesia

Aturan Polwan Berjilbab Dianulir, Polri Dinilai Ditekan Kelompok Intoleran

KIBLAT.NET, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Sutarman pada 17 November 2013 lalu, mengeluarkan keputusan yang...

Jum'at, 29/11/2013 19:22 0

Indonesia

Masjid Teja Suar Akan Dibeli UMC, Tetap Difungsikan Jadi Pusat Syiar

KIBLAT.NET, Cirebon – Harapan umat Islam agar Masjid Teja Suar tetap bertahan bakal terwujud. Pasalnya,...

Jum'at, 29/11/2013 18:48 0

Indonesia

Konjen AS Datangi Pemprov Jatim Terkait Penanganan Pengungsi Syiah

KIBLAT.NET, Surabaya – Konflik Syiah dengan Sunni di Sampang yang berkepanjangan ternyata menarik perhatian serius...

Jum'at, 29/11/2013 18:05 0

Indonesia

1000 VCD Dakwah Ustadz Abu Bakar Baasyir Akhirnya Dibagikan Hari Ini

KIBLAT.NET, Semarang  –  Setelah tertunda satu pekan, pembagian 1000 VCD Dakwah Ustadz Abu Bakar Baasyir...

Jum'at, 29/11/2013 17:25 0

Close