... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Prinsip Jurnalisme Konvensional Berseberangan dengan Ajaran Islam

KIBLAT.NET, Jakarta – Urgensi perumusan regulasi tersendiri bagi jurnalis muslim telah menjadi prioritas saat ini. Sebab, kerangka jurnalistik yang selama ini dibangun oleh media konvensional jauh berbeda dengan nilai-nilai jurnalistik Islam. Hal itu disampaikan oleh pengamat dunia Islam, Abu Rusydan dalam acara ‘Daurah Jurnalistik’ pada Sabtu, 2 November 2013.

Tokoh yang memiliki latar belakang pendidikan komunikasi di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta ini mengkritisi prinsip-prinsip jurnalisme konvensional yang berseberangan dengan ajaran Islam.

“Dari sisi berita, jurnalisme konvensional selalu mengedepankan hal-hal sensasional. Bad news is good news. Zaman dulu, ada contoh yang popular. Jika ada orang digigit anjing itu belum jadi berita. Tapi, kalau ada orang menggigit anjing, baru dikatakan berita,” ujar Abu Rusydan pada para jurnalis muslim yang tergabung dalam Jurnalis Islam Bersatu (JITU).

Padahal, konsep pemikiran demikian bertentangan dengan Surat Al Hujurat, QS 49:11-12.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim”. “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), Karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”.

Jurnalistik Islam mengedepankan kebenaran dan menghindari hal-hal berbau sensasional yang bersifat merendahkan, mencela orang, berprasangka, mencari keburukan dan menggunjing (ghibah) saudaranya.

BACA JUGA  FPI, GNPF Ulama dan PA 212 Minta Pilkada 2020 Ditunda

“Sampah-sampah kehidupan dalam surat Al-Hujurat menjadi komoditi jurnalistik konvensional; sensasi, persangkaan, tajassus dan sebagainya,” tutur Abu Rusydan lebih lanjut.

Kemudian, konsep pemikiran jurnalistik konvensional yang harus dikritisi ialah pemikiran usang yang mengatakan bahwa jurnalis yang baik ialah jurnalis yang mampu menampilkan sampah menjadi emas.

“Kehidupan hari ini seperti kotoran yang ditaro di atas piring emas dan dilapisi sebuah tisu,” ujarnya menggambarkan. [sdqfajar]


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

Demonstran Yaman untuk Syiah Houtsi: Dammaj Bukan Israel!

KIBLAT.NET, Sanaa – Puluhan Ribu warga Yaman, Sabtu pagi (2 Nopember), di ibukota Sanaa kembali...

Ahad, 03/11/2013 11:38 0

Indonesia

Abu Rusydan: Jurnalistik Islam Bukan Untuk Membunuh, Tapi Penyampai Kebenaran

KIBLAT.NET, Jakarta – Pengamat jihad dan dunia Islam, Abu Rusydan kepada para jurnalis Islam mengatakan bahwa Jurnalistik...

Ahad, 03/11/2013 10:45 0

Afrika

Dikabarkan Diculik, Dua Wartawan Prancis Ditemukan Tewas di Utara Mali

KIBLAT.NET, Kidal – Setelah dikabarkan diculik gerilyawan, dua wartawan asal Prancis ditemukan tewas di kota...

Ahad, 03/11/2013 09:21 0

Pakistan

Pakistan: Amerika Sabotase Upaya Perdamaian dengan Taliban

KIBLAT.NET, Islamabad – Pakistan menuding Amerika Serikat melakukan sabotase terhadap  proses perdamaian di negara itu...

Sabtu, 02/11/2013 23:56 1

Mesir

Stasiun Radio Lokal Diserang di Sinai

KIBLAT.NET, Sinai – Pria bersenjata tak dikenal menyerang sebuah stasiun radio lokal di Sinai Utara...

Sabtu, 02/11/2013 23:37 0

Australia

Rupert Murdoch Puji Langkah Australia Dekati Indonesia

  KIBLAT.NET, Sydney – Konglomerat media zionis Rupert Murdoch mengatakan, PM Australia Tony Abbott sangat...

Sabtu, 02/11/2013 21:48 0

Indonesia

Pria Ini Wafat Di tengah Khotbah Shalat Jum’at

KIBLAT.NET, Lamongan – Seorang warga Desa Kalanganyar, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur meninggal saat...

Sabtu, 02/11/2013 21:17 0

Wilayah Lain

Snowden Siap Jadi Saksi Jerman Terkait Penyadapan AS

KIBLAT.NET, Berlin – Oposisi Jerman dari Partai Hijau bertemu dengan bekas agen intelijen AS Edward...

Sabtu, 02/11/2013 20:52 1

Pakistan

Taliban Pakistan Tunjuk Khan Said Gantikan Hakimullah Meshud

KIBLAT.NET, Islamabad – Taliban Pakistan, pada hari Sabtu, mempromosikan komandan nomor duanya, Khan Said, yang...

Sabtu, 02/11/2013 19:00 1

Palestina

Al Qassam Ungkap Jaringan Mata-mata Israel di Palestina

KIBLAT.NET, Gaza – Juru bicara Brigade Syahid Izzudin al-Qassam, sayap militer Hamas, mengumumkan berhasil mengungkap...

Sabtu, 02/11/2013 09:37 0

Close