... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Bencana Itu Bermula dari Kikir

KIBLAT.NET – Ada penyakit pada diri kaum Muslimin, yang u tidak hanya menghancurkan dirinya sendiri, tetapi dapat menghancurkan umat Islam secara keseluruhan. Ialah penyakit kikir. Sampai-sampai Allah SWT mengancam, siapa yang menentang dan tidak mau berinfak di jalan-Nya, Ia akan menggantinya dengan kaum lain yang tidak berperilaku seperti itu (kikir). Allah SWT berfirman:

هَاأَنْتُمْ هَؤُلاَءِ تُدْعَوْنَ لِتُنْفِقُوْا فِي سَبِيْلِ اللَّهِ فَمِنْكُمْ مَنْ يَبْخَلُ وَمَنْ يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَنْ نَفْسِهِ وَاللّهُ الْغَنِيُّ وَأَنْتُمْ الْفُقَرَاءُ وَإِنْ تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لاَ يَكُوْنُوْا أَمْثَالَكُمْ

“Demikianlah kalian, diseru untuk berinfak di jalan Allah. Maka di antara kalian ada yang bakhil. Barang siapa bakhil, sesungguhnya ia telah bakhil kepada dirinya sendiri. Allah Maha Kaya dan kalian itu fakir. Barang siapa berpaling (dari kewajiban infak di jalan Allah), maka Allah akan mengganti dengan kaum yang lain, kemudian kaum yang menggantikan itu tidak seperti kalian.” (QS. Muhammad : 38 )

Mulainya dari kikir. Kemudian, pasangan kikir itu adalah mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Kemudian maju sedikit, menjadi suka mencaci dan mencela. Maka Allah menyatukan dalam satu surat:

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ  (1) اَلَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ  (2) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ  (3) كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ  (4) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ  (5) نَارُ اللهِ الْمُوْقَدَةِ  (6) اَلَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ  (7) إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ  (8) فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ  (9)

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela. Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Ia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? 6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan. Yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka., (Sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.” (Al-Humazah : 1-9).

BACA JUGA  Generasi Pendahulu: Generasi yang Unik

Humazah : mencaci ketika orangnya tidak ada, atau mencaci tidak dengan lisan. Misal dengan poster, karikatur dan sebagainya. Lumazah : mencaci ketika orangnya ada. Mencaci dengan lisan.

Selanjutnya, kikir akan menyebabkan penyakit kronis tingkat lanjutan.
Allah berfirman dalam surat Al-Qalam :

وَلاَ تُطِعْ كُلَّ حَلاَّفٍ مَهِيْنٍ  (10)   هَمَّازٍ مَشَّاءٍ بِنَمِيْمٍ (11)  مَنَّاعٍ لِلْخَيْرِ مُعْتَدٍ أَثِيْمٍ (12)  عُتُلٍّ بَعْدَ ذلِكَ زَنِيْمٍ (13)  أَنْ كَانَ ذَا مَالٍ وَبَنِيْنَ (14)

“Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah. Yang sangat enggan berbuat baik. Yang melampaui batas lagi banyak dosa. Yang kaku kasar, selain dari itu, yang terkenal kejahatannya. Karena dia mempunyai (banyak) harta dan anak.” (Al-Qalam : 10-14)

Mari kita cermati proses urutannya. Bermula dari kikir, kemudian suka mengumpulkan dan menghitung-hitung harta. Lalu suka mencaci dan mencela, hingga akhirnya ia suka bersumpah sehingga menjadi hina. Ia suka  bersumpah untuk menghindari kewajiban berinfak. Ketika datang seseorang yang ia duga akan meminta infak atau sumbangan fi sabilillah, buru-buru ia mengeluarkan sejuta alasan untuk mengelak. “Sungguh, saya masih punya tanggungan kredit rumah… kredit kendaraan… polis asuransi…” dan sebagainya.

Mengatakan tidak mempunyai uang, tapi di dompetnya bertumpuk kartu kredit. Di depan orang yang hendak menarik infak, ia selalu mengesankan diri sebagai orang yang lemah, banyak utang dan tanggungan… sehingga ia betul-betul seperti orang yang hina. Apa yang membuatnya suka bersumpah yang akhirnya terjerumus kepada kehinaan? Sebabnya satu: kikir!

Tidak hanya  berhenti di situ. Ayat selanjutnya menerangkan proses kerusakan pada diri seseorang yang kikir. Yaitu:

  • Hammaz : suka mencaci mencela.
  • Massyain binamim : ke sana ke mari suka menyebar fitnah.
  • Manna’in lil khoiri : mencegah perbuatan baik.
  • Mu’tadin atsim : melebihi batas dalam berbuat dosa. Yang paling mengerikan sebenarnya adalah:
  • Utullin (kaku dan kasar) ba’da dzalika (setelah itu menjadi) zaniim (jahat).
BACA JUGA  Bom Diledakkan di Masjid Kabul, Tewaskan Imam Rawatib

Betapa tragis tahapan demi tahapan yang dilalui oleh seorang yang bakhil, hingga pada akhirnya ia menjadi orang yang jahat. Kadang kita tidak bisa membayangkan sebelumnya, mengapa bisa terjadi seperti itu. Tadinya dia seorang yang alim, lembut… namun berawal dari kekikiran ia akhirnya menjadi jahat.

Mengapa itu semua bisa terjadi? Jawabnya:

اَلشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَخْشَاءِ

“Setan itu menjanjikan kefaqiran kepada kalian, dan menyuruh kalian kepada perbuatan yang keji.”

Ketika orang sudah berlaku kikir, setan datang kepadanya berbisik. “Kamu jangan keluarkan uangmu untuk fi sabilillah.. bukannya kemarin sudah dimintai sumbangan yatim piatu, santunan fakir…. Belum lagi besok harus mengeluarkan zakat maal, zakat fitrah…” dan sebagainya. “Kamu nanti bisa fakir.” Tidak hanya berhenti di situ. Setan lalu menyuruhnya berbuat kekejian. “Supaya kami tidak fakir, maka lakukanlah korupsi… kamu kikirlah!” Na’udzu billah min dzalik. Semoga Allah menjaga kita dari sifat kikir.

Menelaah ayat-ayat di atas, sudah seharusnya kita merasa malu. Seolah Allah SWT meletakkan cermin di hadapan kita. Bahwa, demikianlah sifat kebanyakan manusia ketika diperintah untuk menginfakkan sebagian hartanya di jalan Allah. Rata-rata mereka enggan, dan bersikap bakhil.  Padahal Allah sudah menegaskan dalam akhir surat Muhammad, “Wallahu ghaniyyun wa antumul fuqara’.”

Kita lahir di dunia tidak bawa apa-apa. Lalu oleh Allah kita diberi hidup dan dikaruniai rezeki, sehingga kita punya mobil, rumah, motor, anak dan istri. Kemudian Allah memberitahu kepada kita bahwa Dia mempunyai surga. Surga milik Allah, harta dan rezeki pemberian dari Allah. Kita diminta membeli surga Allah dengan harta pemberian Allah. Tetapi kita seringnya merasa, “Itu harta saya!” []


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Bencana Itu Bermula dari Kikir”

  1. MUHAMMAD

    Wa Laa Yahsabanna al ladziina YABKHOLUUNA……………………………………

    — Al qur aan : Suroh Aali ‘Imroon – Ayat 180

    Lan Tanaalu ul BIRRO hatta tunfiquu……….

    —– Al qur aan : Suroh Aali ‘Imroon – Ayat 92

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Warga Prancis Lakukan Serangan Bom Syahid di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Seorang Muslim Perancis telah bergabung ke dalam kelompok  jihad melawan rezim Suriah...

Sabtu, 12/10/2013 11:22 0

Afrika

PM Libya Sebut Penculikan Dirinya sebagai Percobaan Kudeta

KIBLAT.NET, Tripoli – Perdana Menteri Libya Ali Zeidan menyebut insiden Kamis ketika orang bersenjata menculik...

Sabtu, 12/10/2013 10:37 0

Foto

Eksklusif, ISIS Rilis Foto-Foto Kontrol Mereka atas Kota Azaz

KIBLAT.NET –  Untuk pertama kali, Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS), merilis foto-foto kontrol mereka...

Sabtu, 12/10/2013 10:29 1

Suriah

70 Warga Pinggiran Damaskus Terbunuh Saat Rezim Kuasai Dua Desa

KIBLAT.NET, Damaskus – Pasukan tentara Suriah dan milisi Syiah yang setia kepada Presiden Bashar Assad...

Sabtu, 12/10/2013 10:12 0

Palestina

Pemukim Yahudi Berencana Dirikan Kuil di Komplek Masjid Al Aqsha

KIBLAT.NET, Yerusalem – Sebuah Yayasan Palestina yang secara khusus memonitor permusuhan Zionisme di Yerusalem yang...

Sabtu, 12/10/2013 10:03 0

Amerika

Berperilaku Buruk, Jenderal Divisi Rudal Nuklir AS Dipecat

KIBLAT.NET, Washington – Jenderal yang bertanggung jawab atas rudal nuklir jarak jauh Amerika Serikat telah...

Sabtu, 12/10/2013 09:43 0

Yaman

Milisi Syiah Houthi Serang Distrik Sunni di Yaman Selatan

KIBLAT.NET, Dammaj – Pemberontak Syiah Houthi di selatan Yaman menyerbu daerah Sunni Dammaj di provinsi...

Sabtu, 12/10/2013 09:20 0

Amerika

Petinggi Taliban Pakistan Ditangkap Pasukan AS

KIBLAT.NET, Washington – Tentara Amerika Serikat telah menangkap seorang komandan senior Taliban Pakistan,  Latif Mehsud....

Sabtu, 12/10/2013 09:11 0

Suriah

Mujahid Asal Prancis Lakukan Serangan Bom Syahid di Aleppo

KIBLAT.NET, Aleppo – Seorang mujahid berkewarganegaraan Prancis melancarkan serangan bom syahid di dekat markas pasukan...

Sabtu, 12/10/2013 08:49 0

Close