31 Bom Hantam Thailand Selatan

KIBLAT.NET, Pattani – Tujuh orang tewas dan 22 orang terluka oleh serangkaian bom di provinsi paling selatan Thailand, kata seorang pejabat keamanan Thailand, pada hari Rabu (9/10).

Tiga puluh satu bom meledak di provinsi Yala, Pattani, Narathiwat dan Songkhla dan beberapa serangan pembakaran dilakukan Selasa malam dan Rabu pagi,kata sekretaris jenderal Dewan Keamanan Nasional, Letnan Jenderal Paradorn Pattanathabutra.

Dia mengatakan bahwa beberapa bom yang ditanam di samping mesin ATM untuk merusak perekonomian lokal, sementara yang lainnya ditanam di pinggir jalan untuk menargetkan patroli militer.

Lima tentara dan dua warga sipil tewas dalam ledakan tersebut. Lain 10 tentara dan 12 warga sipil terluka, kata Paradorn.

Thailand yang didominasi Buddha mengalami penentangan di provinsi-provinsi berpenduduk mayoritas Muslim Yala, Pattani dan Narathiwat terhadap kekuasaan pemerintah pusat  selama beberapa dekade, kekerasan muncul kembali pada tahun 2004 setelah sebelumnya sempat mereda.

Sejak itu, lebih dari 5.200 orang telah tewas di provinsi-provinsi Thailand selatan.

Hampir satu dasawarsa konflik telah menewaskan lebih dari 5.700 orang tewas di wilayah Pattani, selatan Thailand.

Militer Thailand menerapkan kawasan bagian melayu muslim tersebut sebagai target daerah operasi militer. Hampir tiap hari, korban sipil berjatuhan akibat konflik berkepanjangan.

Serangan berlanjut meskipun telah beberapa kali dilakukan pembicaraan damai, yang diselenggarakan oleh Malaysia, antara pemerintah Thailand dan perwakilan masyarakat muslim di Patani. (qathrunnada)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat