Tentara Mesir Hancurkan 6 Terowongan di Perbatasan Gaza

KIBLAT.NET, Kairo – Pasukan tentara Mesir pada hari Senin (9/9) menghancurkan enam terowongan penyelundupan di bawah perbatasan Gaza-Mesir, kata beberapa pejabat keamanan.

Terowongan yang terletak di utara Rafah di lingkungan al-Sarsoriya itu, khusus digunakan menyelundupkan barang-barang dan perlintasan manusia.

Pasukan Mesir menggunakan bahan peledak untuk menghancurkan terowongan. Semua barang yang ditransfer ke Gaza disita oleh militer.

Pada hari Senin, pasukan Mesir juga melancarkan serangan berturut-turut pada hari ketiga yang menargetkan militan di Sinai.

Pasukan darat pindah ke Rafah dilindungi oleh helikopter saat tentara Mesir terus melakukan kampanye militer melawan mujahidin Sinai, yang merupakan mobilisasi terbesar pasukan di daerah itu selain pada perang 1973 dengan Israel.

Pasukan keamanan memotong semua layanan komunikasi di daerah tersebut.

Seorang pejabat Mesir mengatakan pada hari Minggu bahwa lebih dari 90 persen terowongan penyelundupan kini telah hancur.

Tentara Mesir, menghancurkan banyak terowongan sejak  menggulingkan presiden asal  Ikhwanul Muslimin, Mursi dalam kudeta bulan Juli. Terowongan biasanya digunakan oleh Hamas untuk membawa pasokan penting ke Jalur Gaza yang diblokade oleh Israel.

Terowongan menjadi penyelamat bagi aliran makanan, pakaian, bahan bangunan dan bahan bakar ke wilayah miskin, yang diblokade Israel sejak tahun 2006.(qathrunnada/kiblat.net)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat