Serangan Bom Hantam Sekolah di Thailand Selatan

KIBLAT.NET, Yala – Sebuah serangan bom terjadi di sebuah sekolah di Thailand selatan menewaskan dua tentara pada hari Selasa (10/9), pasukan patroli yang dikirim ke sana untuk melindungi para guru, kata polisi.

Thailand yang didominasi Buddha mendapat perlawanan yang berkobar di provinsi-provinsi berpenduduk mayoritas Muslim Yala, Pattani dan Narathiwat terhadap kekuasaan pemerintah pusat yang sudah berlangsung selama beberapa dekade.

Serangan di Yala datang saat pembicaraan damai antara pemerintah dan pejuang Muslim Thailand Selatan telah terhenti dalam beberapa pekan terakhir.

“Ledakan terjadi di dalam kompleks sebuah sekolah di provinsi Yala pagi ini di mana anak-anak bermain. Bom itu ditanam oleh pemberontak lokal,” kata polisi. “Setidaknya satu anak terluka.”

Sebelumnya, upaya pembunuhan juga mengincar sejumlah tokoh, ulama dan guru muslim di provinsi Yala, Pattani. Seorang guru taman kanak-kanak, Encik Mad Rofi Yasi ditembak mati oleh milisi bersenjata di Kampung Ubeng, Yala, Thailand Selatan, pada Rabu, (28/08) sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Menurut AMBRA News yang melaporkan dari masyarakat setempat, Encik Mad Rofi ditembak dalam perjalanan pulang dari Masjid Kampung Ubeng.

Kasus penembakan terhadap guru taman kanak-kanak memang menjadi peristiwa yang lazim dialami oleh muslim melayu Pattani yang tersebar di tiga wilayah Thailand Selatan yaitu, Yala, Pattani dan Naratthiwat. (qathrunnada/kiblat.net)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat