... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rencana Serangan AS ke Suriah Ditunda

Foto: John Kerry dan William Hague (Reuters)

KIBLAT.NET, London – Rencana AS melakukan serangan terbatas ke Suriah tampaknya bakal ditunda. Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague kini membahas penudaan serangan ke Suriah itu sembari menunggu pertimbangan Dewan Keamanan PBB.

Uni Eropa (UE) pun meningkatkan tekanan agar serangan terhadap Suriah ditunda. Para Menteri Luar Negeri UE yang bertemu di Vilnius, Lithuania, Sabtu (7/9), memang menyalahkan rezim Presiden Bashar Assad atas serangan senjata kimia pada 21 Agustus 2013 lalu. Serangan itu menewaskan 1.429 orang. Namun, mereka tak mendorong adanya aksi militer. Mereka dengan jelas menghendaki agar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengambil peran. Khususnya, dalam menangani persoalan di Suriah.

Sebanyak 28 pemerintah anggota UE memilih berhati-hati mengenai aksi militer di Suriah. Perang saudara di sana telah berlangsung 2,5 tahun. Sebanyak 100 ribu orang tewas. Mereka juga memikirkan kemungkinan bertambahnya jumlah korban bila Suriah diserang.

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Catherine Ashton mengatakan respons terhadap Suriah harus dilakukan. “Tapi, serangan terhadap rezim Suriah harus menunggu laporan inspektur PBB,” kata Ashton.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengklaim banyak negara bersiap ambil bagian dalam serangan ke Suriah.

Menurut Kerry, jumlahnya mencapai dua digit. “Mereka siap melakukan aksi militer,” katanya dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius. Ia mengatakan rencana aksi terdorong pernyataan Uni Eropa (UE). Terutama, sikap tegas mereka agar ada respons keras terkait dugaan penggunaan senjata kimia oleh Suriah. Ia membandingkan situasi Suriah dengan Munich Agreement tahun 1938.

BACA JUGA  Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona

Melalui kesepakatan yang dicapai Prancis, Inggris, Jerman, dan Italia itu, Jerman mengambil alih sebagian Republik Cheska. “Ini momen Munich kita. Kesempatan kita untuk bertanggung jawab bersama. Bukan waktunya lagi berdiam diri atas sebuah pembantaian,” ujar Kerry. Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius juga mengklaim bahwa dukungan meluas.

Ada tujuh dari negara G8 sepakat untuk bereaksi keras terhadap Suriah. Di dalam KTT G20 di St.Petersburg, Rusia, 12 negara menyetujui serangan militer terbatas pimpinan AS, sedangkan delapan negara menolak. Di Riyadh, Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) mendesak komunitas internasional cepat bertindak menyelamatkan rakyat Suriah dari penderitaan.

Ketika menghadiri KTT G20 di St.Petersburg, pemerintah Prancis menyatakan sikapnya yang jelas: tak akan ikut dalam aksi militer ke Suriah, kecuali setelah ada laporan dari para inspektur PBB yang dibuka pekan depan.

Menunggu Dewan Keamanan

Kerry mengatakan pada konferensi pers, serangan ke Suriah mungkin ditunda sampai Dewan Keamanan PBB selesai berdiskusi.

Senat AS bakal melakukan pemungutan suara mengenai apakah mendukung rencana militer Obama? Dan Kerry rajin memukul gendang bertalu-talu memohon dukungan internasional, tulis The Guardian, Senin (9/9).

Para inspektur persenjataan PBB bakal melaporkan semua temuannya di Suriah kepada Dewan Keamanan PBB ketika mereka bertemu di London, Senin ini (9/9).

Upaya Kerry bakal diganjal Rusia dan China Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto menentang serangan militer pimpinan AS .

BACA JUGA  WHO: Krisis Pandemi Masih Jauh Dari Akhir

Sementara, Jerman ikut bergabung dengan negara-negara Eropa yang menandatangani pernyataan serangan senjata kimia di Suriah dilakukan oleh rezim al-Assad. Meskipun Jerman tahu, bukan Assad yang menjadi dalang serangan senjata kimia, tapi bahawannya. Artinya, kontrol Bashar -Assad terhadap militer sudah mengendur. Assad terus menampik tuduhan dirinya melakukan serangan senjata kimia terhadap rakyatnya sendiri.

Obama gagal galang dukungan penuh di G-20

Setelah gagal mendulang dukungan berharga dalam pertemuan di Rusia G20, Presiden AS Barack Obama berharap sokongan dalam negeri. Ia berkampanye di radio dan televisi untuk meyakinkan publik. Termasuk, Kongres agar menyetujui serangan militer ke Suriah. Dalam pidato mingguannya, Obama mengingatkan bahayanya membiarkan serangan senjata kimia oleh rezim Assad. “Saya meminta anggota Kongres bersama membangun dunia seperti yang ingin kita huni.” Ia menginginkan serangan terbatas.

Obama meyakinkan, serangan itu tak akan memperluas konflik. “Ini tak menjadi Irak atau Afghanistan yang lain,” katanya dalam pidato yang disiarkan melalui radio. Selasa mendatang, ia berencana menyampaikan pidato nasional melalui televisi.

 

Reporter: Fajar Shadiq

Editor: Agus Abdullah


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Jihad Antara Kekerasan dan Teror

KIBLAT.NET – Di masa ketiadaan Khilafah Islamiyah banyak sekali ajaran islam yang terdistorsi maknanya,  salah...

Senin, 09/09/2013 15:34 0

Wilayah Lain

Pejuang Moro Serang Kota Pesisir Filipina, 1 Tentara Tewas

KIBLAT.NET, Zabonga – Pemerintah Filipina mengumumkan, puluhan pejuang Islam bersenjata Moro melancarkan serangan ke kota...

Senin, 09/09/2013 14:49 0

Rilis Syamina

Download Laporan Khusus: Al-Qaidah 3.0 Memenangkan Hati dan Pikiran

KIBLAT.NET – Download Laporan Khusus: Al-Qaidah 3.0 Memenangkan Hati dan Pikiran.

Senin, 09/09/2013 13:03 0

Wilayah Lain

Boko Haram Tewaskan 13 Milisi Pro Pemerintah di Nigeria Utara

KIBLAT.NET, Borno – Setidaknya 13 anggota milisi boneka pro pemerintah Nigeria tewas dalam sebuah penyergapan...

Senin, 09/09/2013 10:23 0

Wilayah Lain

Bentrokan Antara Warga Palestina dan Syiah Hizbullah Meletus di Lebanon, 1 Tewas

KIBLAT.NET, Beirut – Satu orang dilaporkan tewas dan lima lainnya luka-luka dalam bentrokan bersenjata antara...

Senin, 09/09/2013 09:00 0

News

Tragedi Mesir Membuktikan Perjuangan Politik Pun Berujung Darah

KIBLAT.NET, Jakarta – Melihat konflik tak berujung yang dialami oleh umat Islam, khususnya kaum muslimin...

Ahad, 08/09/2013 22:19 0

News

Pihak Keluarga Benarkan Pernyataan Ustadz Abu Bakar Baasyir Soal Bashar Assad

KIBLAT.NET, Solo – Pernyataan tertulis Ustadz Abu Bakar Baasyir yang berisi larangan untuk bermakmum di...

Ahad, 08/09/2013 21:15 0

News

Ustadz Abu Bakar Baasyir: Jangan Shalat di Belakang Ulama Pendukung Bashar Assad

KIBLAT.NET, Jakarta – Ulama kharismatik Ustadz Abu Bakar Ba’asyir mengeluarkan fatwa untuk tidak bermakmum di...

Ahad, 08/09/2013 21:00 1

Wilayah Lain

Kaum Hindu Serang Muslim di India

KIBLAT.NET, Uttar Pradesh – Tentara India diterjunkan dengan jumlah yang tidak biasa, untuk menangani kekerasan...

Ahad, 08/09/2013 21:00 0

Close