Akibat Serangan Kaum Hindu, 31 Muslim Terbunuh di India

KIBLAT.NET, Muzzaffarnagar – Partai politik India saling menyalahkan satu sama lain atas terjadinya kerusuhan agama yang menewaskan sedikitnya 31 orang Muslim dan memaksa ratusan orang mengungsi dari rumah mereka pada akhir pekan , menjadi tanda meningkatnya ketegangan antara Hindu dan Muslim menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan pada bulan Mei .

Polisi mengevakuasi desa Hindu dan Muslim pada hari Senin (9/9) di distrik Muzaffarnagar , 127 km ( 80 mil) timur laut dari New Delhi di negara bagian Uttar Pradesh dan di pusat ketegangan dari beberapa kekerasan komunal terburuk dalam beberapa tahun .

Masyarakat lainnya , takut setelah penyerang menyasar anak-anak dan membakari harta mereka, masyarakat bersembunyi di ladang dan di kantor polisi , atau melarikan diri dengan gerobak sapi dan traktor pada hari Minggu. kata pejabat keamanan tinggi negara RM. Srivastava yang menambahkan bahwa 31 orang terbunuh dalam kekerasan itu .

” Kami berada pada kondisi siaga tinggi dan jam malam akan tetap berada di bagian kota Muzaffarnagar , sementara pasukan keamanan melakukan patroli reguler di desa yang terkena dampak , ” kata wakil kepala polisi Arun Kumar .

Bentrokan antara Muslim dengan Hindu telah menjadi ciri politik India sejak pemisahan traumatis negara itu dari Pakistan pada tahun 1947 , mengakibatkan ratusan ribu orang tewas dan jutaan orang mengungsi .

Kekerasan agama dan  kasta memainkan peran sentral dalam politik di Uttar Pradesh , salah satu negara bagian termiskin di India dengan populasi yang lebih besar daripada Rusia . Provokasi ketegangan sering membawa keuntungan politik kepada pihak yang mengklaim untuk melindungi kelompok agama dan kasta yang berbeda satu sama lainnya .

Profesor Sudha Pai , seorang ahli Uttar Pradesh politik di Jawaharlal Nehru University, mengatakan masyarakat kasta Jat Hindu di Muzaffarnagar yang terlibat dalam kekerasan akhir pekan tidak memiliki sejarah ketegangan dengan umat Islam .

” Secara keseluruhan , komunitas ini telah hidup berdampingan . kekerasan ini ada yang menggerakkan . Tidak ada keraguan tentang itu , ” kata Pai .

Beberapa politisi termasuk menteri kabinet nasional dan seorang pemimpin senior oposisi berusaha untuk mencapai Muzaffarnagar pada Senin, tetapi ditahan oleh polisi yang mengatakan kehadiran mereka bisa membangkitkan lebih banyak kekerasan .

Menteri Dalam Negeri Sushilkumar Shinde mengatakan 451 kasus kekerasan komunal terdaftar di delapan bulan pertama tahun ini di India , naik dari 410 kasus di sepanjang tahun 2012 . Ia mengatakan ketegangan diperkirakan meningkat menjelang persiapan pemilu .

Situasi tenang terjadi pada hari Senin berkat mobilisasi besar polisi dan tentara , kata para pejabat . Ratusan tentara berpatroli di jalan, namun sebaliknya suasana sepi terjadi di Muzaffarnagar , kota utama di distrik di mana pertempuran itu terjadi .

Pada hari Senin , meskipun upaya pasukan keamanan ‘ untuk mengembalikan normalitas , kekerasan menyebar ke distrik Shamli mana Imam masjid berusaia 40 tahun, Maulana Umar Din , ditembak mati oleh tetangganya , kata Hakim di distrik Shamli, PK Singh seperti  dikutip dari sebuah situs web .

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, geng bersenjata Jat, kelompok Hindu, menyerbu sebuah masjid dan sebuah desa berpenduduk Muslim, serangan meletus pada Sabtu setelah pertemuan yang dihadiri oleh Jat di distrik Muzaffarnagar saat Jat menuntut penghapusan dakwaan terhadap anggota komunitas mereka sehubungan dengan bentrokan komunal bulan lalu di mana tiga orang tewas.

Arun Kumar, seorang pejabat senior polisi, mengatakan ketegangan yang dipicu oleh video online yang dimaksudkan untuk menunjukkan pembunuhan dua pemuda Muslim bulan lalu. (qathrunnada/kiblat.net)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat