Serangan Bom Ganda Hantam Upacara Pemakaman di Irak

KIBLAT.NET, Muqdadiyah – Sebuah bom mobil meledak di sebuah upacara pemakaman Syiah di Muqdadiyah, Irak pada hari Kamis(11/7) dan kemudian seorang pembom syahid meledakkan bahan peledak saat sebagian orang berupaya menyelamatkan korban yang terluka.

Lebih dari 20 orang lainnya terluka dalam serangan di kota itu, sekitar 80 km (50 mil) dari ibukota. Sementara itu, BBC melaporkan 11 orang telah tewas.

Akhir malam sebelumnya, sebuah pos pemeriksaan militer dan komplek petugas keamanan diserang oleh kelompok bersenjata di dekat Haditha.

Sebelas dari mereka yang tewas adalah polisi khusus yang ditugaskan untuk melindungi jaringan pipa minyak di dekatnya – mereka diserang saat mereka duduk untuk berbuka puasa Ramadhan saat matahari terbenam, seorang pejabat setempat mengatakan kepada Associated Press.

Serangan juga dilaporkan di kota-kota provinsi Anbar, Ramadi, Khaldiya dan Fallujah, serta di Tikrit dan Kirkuk.

Kekerasan meletus pada bulan April ketika pasukan keamanan Irak menyerbu sebuah protes Sunni anti-pemerintah di kota Hawija, yang membunuh dan melukai puluhan demonstran.

Meskipun serangan mematikan berkurang dibandingkan yang terlihat selama puncak pemberontakan pada tahun 2006 dan 2007. Namun,  ini adalah yang paling luas sejak penarikan militer AS pada tahun 2011. (qathrunnada/kiblat.net)

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat