Lagi, Mujahidin Taliban Tewaskan Tujuh Tentara NATO di Helmand

KIBLAT.NET, Helmand – Serangan musim semi yang digulirkan mujaidin Taliban dalam beberapa minggu terakhir semakin menambah panjang daftar tentara NATO di Afghanistan yang tewas. Seperti Kamis kemaren (6/6/2013), setidaknya tujuh tentara Nato tewas dan sembilan lainnya luka-luka akibat bom yang menghantam markas mereka.

Semua korban adalah tentara berkewarganegaraan Georgia yang ikut serta dalam operasi pasukan NATO di Afghanistan. Dalam sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan militer Georgia, jendral Irakli Zeneladzy, kepala Staf angkatan Georiga, mengumumkan di hadapan awak media, “Tujuh tentara Georgia yang ikut serta dalam operasi pendudukan Afghanistan tewas” umumnya sebagaimana dilansir AFP.

Ia menjelaskan, insiden yang menewaskan anak buahnya tersebut akibat serangan bom dengan sebuah truk sarat dengan bahan peledak, yang terparkir di samping markas militer pasukan Georgia di privinsi Helmand, yang merupakan provinsi paling tegang di Afghanistan. “Sembilan tentara lainnya juga terluka” tambahnya.

Mujahidin Taliban mengumumkan beberapa minggu sebelumnya akan memulai perang musim semi terhadap pasukan koalisi Internasional NATO dan pasukan pemerintah boneka Afghanistan serta pasukan-pasukan loyalis mereka. Mujahidin Taliban menyebut operasi tersebut dengan operasi serangan “Kholid bin Walid” dan akan menggunakan taktik militer khusus, sebagaimana yang pernah digulirkan mujahidin pada tahun-tahun sebelumnya.

Benar saja, ancaman mujahidin tersebut terbukti dengan meningkatnya serangan-serangan bersenjata dan pengeboman terhadap pasukan pendudukan AS dan antek-anteknya, dan pasukan pemerintah boneka serta pasukan loyalis mereka. Setidaknya puluhan tentara Asing dan boneka tewas dalam serangan-serangan tersebut. Mujahidin Taliban juga berhasil menjatuhkan beberapa pesawat tempur milik pasukan pendudukan. [hunef/kiblat.net]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat