RUU Ormas Batal Disahkan Hari Ini, Muhammadiyah Tetap Demo DPR

KIBLAT.NET, Jakarta – Atas kesepakatan semua fraksi di pansus, RUU Ormas batal disahkan dalam sidang paripurna hari ini. Namun begitu, Muhammadiyah akan tetap menggelar aksi penolakan pengesahan di depan gedung DPR RI.

“Saya kira tetap jalan, itu urusan anak-anak muda, yang dikendalikan oleh Muhammadiyah angkatan muda,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, seperti dilansir dari detikcom, Jumat (12/4).

Din mengatakan meskipun pengesahan RUU Ormas resmi dibatalkan, namun belum semua pihak tahu. “Kan mereka belum tahu dan belum ada keputusan resmi. Saya pikir baik-baik saja sebagai ekspresi demokrasi,” ujar Din.

Menurut Din, bagi Muhammadiyah bukan masalah penundaan pengesahan, namun lebih kepada konten RUU Ormas tersebut.

“Bagi Muhamadiyah bukan soal penundaan, secara esensial yang perlu dipikiran. Hal ini terkait dengan kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat. Sejauh ini memang saya lihat sudah banyak perubahan (sebelum pengesahan),” jelasnya.

Din mengaku tidak tahu pihak mana saja yang akan bergabung dalam demo tersebut. Dirinya sendiri tidak ikut ambil bagian. “Saya belum tahu (pihak mana saja). Saya tidak ikut,” lanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, TMC Polda Metro Jaya membenarkan bahwa hari ini akan ada demo di depan Gedung DPR RI dari salah satu ormas yang menolak disahkannya RUU Ormas.

“Ada demo dari Hizbut Tahrir, sekitar 2000 orang. Rencananya jam 9.00 WIB, di depan gedung DPR MPR,” kata Petugas TMC Polda Metro, Briptu Harlen, saat dikonfirmasi, Jumat (12/4). [fajar/dtk]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat