Hari Ini, Muhammadiyah Akan Unjuk Rasa Tolak RUU Ormas di DPR

KIBLAT.NET, Jakarta – Hari ini, (12/04) tepatnya ba’da shalat Jumat ribuan warga Muhammadiyah beserta elemen ummat islam lainnya akan mengadakan aksi unjuk rasa untuk menentang pengesahan RUU Ormas.

Aksi unjuk rasa ini sedianya akan dilangsungkan di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta. Korlap Aksi unjuk rasa ini, Muhammad Noval Dunggio menyatakan akan mengerahkan 10 ribu warga Muhammadiyah dari wilayah jabodetabek.

“Kami akan melakasanakan shalat Jumat di jalan raya,” ujar Noval.

Aksi unjuk rasa warga Muhammadiyah ini merupakan instruksi dari PP Muhammadiyah yang diketuai oleh Din Syamsuddin. Rabu siang, para pimpinan wilayah Muhammadiyah terlihat berkoordinasi untuk mempersiapkan aksi besok di depan gedung DPR.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut akan disampaikan pernyataan sikap PP Muhammadiyah terhadap RUU Ormas:

Pertama, draft RUU Ormas yang dibahas DPR, berpotensi membatasi kebebasan berserikat, memperlemah kreativitas dan perilaku represif dari aparatur pemerintah yang bertentangan dengan UUD 1945 dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM).

Kedua, Muhammadiyah mendesak kepada DPR untuk menghentikan seluruh proses pembuatan UU Ormas. Pembahasan UU Ormas menimbulkan kegaduhan dan instabilitas politik, terutama menjelang pemilu 2014 yang memerlukan suasana yang kondusif, stabil dan dinamis.

Ketiga, dalam rangka menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat, pemerintah hendaknya berusaha melaksanakan UU Yayasan, sebagaimana mestinya dan memprioritaskan penyelesaian RUU Perkumpulan. Pembahasan RUU Ormas tidak urgent dan tidak diperlukan oleh masyarakat. [fajar/voais]

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat